Sabtu, 21 Agustus 2010

Alpukat, Manfaat dan Tips Memilih..~o~

jum’at 23 april 2010

Nih, info tambahan yg gw dapet..gw cari biar pas mas agus nanya, gw bisa jawab...

MANFAAT ALPUKAT..

clip_image001
Satu buah alpukat ukuran sedang mengandung vitamin sebagai berikut:
Alpukat – ukuran sedang
Calories 324
Total fat (g) 30.8
Carbohydrates (g) 14
Dietary fiber (g) 10
Sodium (mg) 0
Cholesterol (mg) 0
1. Daun alpukat dijuice biasa dipakai untuk mengobati diare, sakit tenggorokan dan bagi kaum hawa bisa memperlancar/membuat rutin menstruasi.
2. Seed/bijinya biasa digunakan sebagai obat diare dan disentry. Dalam bentuk bubuk, bijinya biasa dimanfaatkan untuk perawatan rambut yang berketombe.
3. Dagingnya yang mengandung banyak lemak biasa dikonsumsi bagi yang ingin menambah berat badan selain bisa mambuat kenyang..


TIPS MEMILIH & MEMBELI..


1. Tekan dengan lembut alpukat, bila cukup lunak berarti alpukat siap untuk dikonsumsi.
2. Bila ingin membeli alpukat untuk dikonsumsi keesokan harinya. Pastikan alpukat yang kita beli warnanya cukup tua dalam arti warna hijaunya cenderung lebih gelap biasanya ada warna ungu/kecoklatan. Satu hal yang perlu diingat, jarang sekali ada alpukat yang matang/lembek di pohon. Kalaupun ada alpukat yang jatuh dr pohonnya itu mungkin karena angin, dilempar batu sama anak tetangga atau hal lainnya. Bahkan alpukat yang sudah tua sekalipun bisa tahan berbulan-bulan berada di pohon. Jadi kalau mau menyimpan stock alpukat dlm jumlah banyak dan tetap awet, biarkan buah tsb berada di pohonnya. Dgn kata lain tidak perlu tempat penyimpanan/gudang. Kalau udah begini, mungkin GIS perlu menanam alpukat?
3. Alpukat yang sudah tua biasanya bila dikocok akan terdengar suara yg berasal dari biji bagian dalamnya.
4. Untuk meng-imbu alpukat, ada yg bilang letakkan di pinggir bak mandi, simpan di tempat beras, dll. Bangsa di belahan benua yang lain mempunyai kebiasaan meng-imbu yang berbeda. Alpukat yang sudah tua dibungkus kertas/dimasukkan ke dlm paper bag. Dan untuk mempercepat masak, simpan bersama buah apel.


PENYIMPANAN


1. Bila disimpan di lemari pendingin, alpukat bisa tahan 3 s/d 4 hari. Sebetulnya bisa lbih lama lagi, tapi dari 4 hari, warna dan rasanya akan berubah.
2. Bila disimpan di suhu ruangan hanya bertahan separonya.

semoga bermanfaat buat kalian semua..^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar